Connect with us

Sarolangun

4,7 Milyar Dana Khusus Untuk Penanganan Covid-19 Di Sarolangun

-

1.060 views
Kepala Bappeda Sarolangun, Lukman

SAROLANGUN,NJ- Keseriusan pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam memutus rantai penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19 di kabupaten Sarolangun patut di acungkan jempol. Hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan dana khusus penanganan virus corona.

Saat ini, dari dana awal anggaran tanggap darurat sebesar Rp 1,6 Miliar telah di tambah dengan Pemotongan 5 persen biaya perjalanan dinas seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebesar Rp 2,1 Miliar, dan tambahan anggaran dari pemotongan biaya perjalanan dinas DPRD Sarolangun sebesar Rp 1 Miliar. Apabila ditotalkan keseluruhannya, maka dana khusus penanganan Covid-19 di kabupaten Sarolangun mencapai Rp 4,7 miliar,

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sarolangun, H Lukman, M. Pd mengatakan bahwa anggaran tersebut ditetapkan setelah adanya Rapat bersama dalam membahas wabah virus corona. Dari anggaran tersebut akan di peruntukkan biaya operasional tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Sarolangun, APK, pembelian sejumlah peralatan medis baik masker, handsanitizer, Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis.

“Termasuk untuk pembelian obat-obatan, Fasilitas atau ruangan isolasi bagi pasien, dan lokasi karantina bagi ODP, serta instrumen lainnya, biaya konsumsi bagi masyarakat yang dikarantina, hingga sosialisasi ke tengah masyarakat,” ujar Lukman saat di konfirmasi sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Kamis (2/04/2020).

Menurutnya, sebelum anggaran tersebut direalisasikan, tim gugus tugas penanganan covid-19 harus mengajukan proposal untuk kebutuhan yang diperlukan, kemudian akan dilakukan pembahasan melalui tim anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Sarolangun.

“Aturan atau mekanisme harus jalan, karena ini sudah ada namanya tim gugus, nanti mereka akan mengajukan proposal untuk kebutuhan, lalu tim TAPD akan membahas nya untuk menghindari adanya tumpang tindih penggunaan anggaran,” pungkasnya.

Reporter : Paradil Iwel

Advertisement
Komentar

Tinggalkan Balasan